Selasa, 04 Oktober 2016




TABLOIDBINTANG.COM –

Sekali lagi, biaya tinggi untuk pesta pernikahan di luar kota tidak terhindarkan. Namun bisa dihemat di beberapa sisi, kok agar tidak semakin membengkak daripada anggaran yang telah disiapkan.

Lisa Milbrand dari Destination Weddings & Honeymoons mengungkap 11 tip untuk menghemat anggaran. Simak baik-baik, yuk!

1. Datanglah dengan perencanaan yang matang
Rencana yang matang akan mengecilkan risiko kejadian tidak terduga – yang tentu akan menuntut anggaran tidak terduga.

2. Cari tempat yang murah
Tentukan anggaran sebelum menentukan tempat tujuan. Buat penyesuaian. Kalau ada alternatif tempat lain dengan kualitas sama, tapi harga lebih murah, maka pilih itu.

3. Kurangi daftar tamu undangan  
Cukup orang-orang yang benar-benar dekat dan pasti datang yang diundang. Hilangkan perasaan tidak enak, hubungi orang per orang tamu undangan Anda jika perlu.  

4. Jangan pilih akhir pekan
Semua orang berlibur di akhir pekan. Ada risiko biaya perjalanan dan sewa tempat yang jauh lebih tinggi jika Anda memaksakan pesta di akhir pekan.

5. Tetap berpikiran terbuka
Jangan menjadikan wajib sesuatu yang sifatnya hanya pelengkap. Mawar tidak ada, anyelir pun tidak masalah.

6. Cari tahu biaya pajak
Ada biaya pajak yang berbeda, terutama jika tempat tujuan Anda di luar negeri. Cari tahu dan pelajari lebih jauh sebelum membuat keputusan.

7. Manfaatkan sumber setempat
Memboyong segala sesuatunya dari tempat asal Anda tentu akan memakan biaya tinggi. Tenda dan dekorasi dari daerah setempat pasti jauh lebih murah.

8. Bekerja sama dengan pasangan pengantin lain (jika memungkinkan)
Coba periksa, apakah ada pesta pernikahan yang dilakukan dalam waktu berdekatan dengan Anda di tempat tujuan. Siapa tahu, ada anggaran yang bisa dibagi dua.  

9. Potong anggaran pada setiap lini
Alih-alih hanya memotong anggaran pada salah satu lini, cobalah untuk melakukan penghematan pada semua lini. Sedikit di sana dan sedikit di sini, bisa menjadi bukit penghematan.

10. Abaikan makan siang perpisahan
Biasanya, tamu-tamu undangan ikut menginap. Biasanya, mereka diundang kembali untuk brunch (sarapan sekaligus makan siang) sebagai tanda perpisahan dan terima kasih. Bagian ini bisa dilewatkan. Karena sungguh, tamu-tamu yang datang tidak mengharapkan makan siang gratis, kok.

11. Buat prioritas anggaran
Coba temukan hal-hal yang benar-benar penting untuk Anda – bukan orang tua, calon mertua, dan orang lainnya. Buat prioritas anggaran berdasarkan hal-hal itu.

AURA.CO.ID

Paling Bnyak Dicari:

Posting 11 Cara Menghemat Biaya Pernikahan di Luar Kota ditampilkan lebih awal di Info Selebriti.



from Info Selebriti http://ift.tt/2dOS6tm
via Abg Montok

0 komentar:

Posting Komentar